Open ERP 6.1 Ubuntu 10.04 LTS


Sedang develop OpenERP di Ubuntu 10.04 LTS..? ikutin tutorial instalasinya seperti dibawah ini ya..!!
OpenERP adalah adalah aplikasi yang cukup lengkap untuk urusan perkantoran, modularitasnya tinggi sehingga mudah dikembangkan. Terbuat dari Python dan menggunakan PostgreSQL sebagai database, ia juga tersedia tanpa biaya lisensi.

Pemasangan OpenERP membutuhkan keahlian utama berikut ini:
  • Memahami pemasangan distribusi Linux berbasis Debian seperti Ubuntu atau BlankOn.
  • Memahami cara membuat file (edit file).
Setelah sistem operasi yang dimaksud telah dipasang, buatlah /etc/apt/sources.list.d/openerp.listyang berisi:
Lalu perbaharui daftar paket:
$ sudo apt-get update
Pasang database PostgreSQL:
$ sudo apt-get install postgresql
Pasang OpenERP:
$ sudo apt-get install openerp
Setelah selesai, cobalah di browser ke alamat http://localhost:8069. Anda akan dihadapkan pada sebuah form login dengan terlebih dahulu menentukan database apa yang akan digunakan. Daftar database yang dimaksud ada di kanan atas.
Jika masih kosong maka Anda perlu membuat sebuah database terlebih dahulu melalui menu Manage Databases dan isilah form-nya:
  • Master password: admin (default dan biasanya sudah terisi, atau sesuai /etc/openerp/openerp-server.conf)
  • New database name: fortune (bebas, tanpa spasi, dan sebaiknya tetap huruf kecil)
  • Load demonstration data: (tidak perlu dicentang)
  • Default language: Indonesian
  • Admin password: 1234 (bebas, untuk login ke aplikasi di database yang baru ini)
  • Confirm password: 1234 (harus sama dengan yang di atas)
Lalu klik Create. Tunggulah beberapa saat. Ia akan membuat database bernama fortune yang dimiliki oleh user PostgreSQL bernama openerp.
Setelah selesai, Anda dihadapkan pada daftar modul yang siap dipasang. Ya, OpenERP terdiri dari berbagai modul dan Anda tidak harus memasang semuanya. Carilah modul Employee Directory alias modul hr. Modul ini digunakan untuk mencatat data kepegawaian. Klik Install di sana.
Setelah pemasangan selesai, akan ada menu baru bernama Sumber Daya Manusia. Klik menu ini dan akan tampil menu lainnya. Klik menu Karyawan untuk melihat daftar karyawan. Secara default sistem akan menambahkan karyawan baru bernama Administrator.
Selanjutnya mulailah ikuti naluri Anda untuk mulai memasukkan data pegawai. Selamat mencoba.
From : opensipkd  
Category: , ,

0 komentar:

Post a Comment